Skip to content

Lokakarya Day-1 SMAN 1 Harau

This image has an empty alt attribute; its file name is edit-1585x1080.jpg

Lokakarya Penyusunan Kurikulum SMAN 1 Harau dengan tema “Mewujudkan Transformasi Pendidikan Melalui Merdeka Belajar” dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada tanggal 28, 29, dan 31 Mei 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh majelis guru SMAN 1 Harau. Kegiatan dibuka oleh Ibu Aulia Umami, S.Pd selaku MC dan dilanjutkan dengan pembacaan wahyu ilahi oleh Ibu Dra. Muliati, menyanyikan lagu indonesia raya dan mars sumatera barat yang dipimpin oleh Ibu Marfi Netri Elyadi, M.Sn, serta pembacaan doa yang dimpimpin oleh Bapak Hendriko, S.Pd.I.

Kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah SMAN 1 Harau, Bapak Drs. Afrizal dan dilanjutkan dengan arahan oleh Bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Sumatera Barat sekaligus penyampaian materi tentang kebijakan dinas pendidikan provinsi sumatera barat.

Lokakarya Day-1 diisi dengan narasumber Bapak Drs. Jontar Nababan yang meyampaikan materi mengenai analisis capaian pembelajaran kurikulum merdeka sebagai dasar menyusun TP dan ATP, modul berdeferensiasi dan standar proses pembelajaran. Dalam penyampaian materi, Bapak Drs. Jontar Nababan memaparkan ada 6 miskonsepsi yang sering terjadi dalam menganalisis CP. Selain itu, dalam membuat ATP, perlu mempertimbangkan hal berupa konkret ke yg abstrak, dari mudah kesulit, pengurutan deduktif, pengurutan prosedural, urutan hirarkis dan scaffolding.

Setelah penyampaian materi oleh Bapak Drs. Jontar Nababan, dilakukan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian struktur kurikulum oleh Bapak Cendro Cesbajar, S.Pd. Diakhir acara dilakukan sesi refleksi oleh masing-masing guru dengan menuliskan di kertas bewarna hijau untuk hal positif dan kertas bewarna pink untuk hal negatif. Refleksi dilakukan untuk mengevaluasi diri sendiri dengan tujuan untuk meningkatkan profesionalitas dalam proses pembelajaran.