Kriteria Ketuntasan Minimal

  1. Mekanisme, Prosedur dan Analisis Penetapan KKM

Pada tahun pelajaran 2019/2020 perlu dilakukan peningkatan KKM di SMA Negeri 1 Kec. Harau, untuk meningkatkan KKM tersebut dilakukan analisis KKM oleh guru pada mata pelajaran yang bersangkutan dengan mekanisme dan prosedur sebagai berikut:

  1. Kepala sekolah mensosialisasikan kepada seluruh guru untuk meningkatkan KKM untuk tahun pelajaran 2019/2020.
  2. Wakil kurikulum bersama dengan tim memberikan informasi tentang tata cara analisis KKM dengan memberikan contoh format yang sudah disepakati, yaitu dengan memperhatikan Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake Siswa.
  3. Guru melaporkan hasil analisis KKM kepada wakil kurikulum, kemudian Kepala sekolah bersama unsur pimpinan sekolah memberi pertimbangan dan menetapkan KKM yang akan dipakai di SMA Negeri 1 Kec. Harau.
  4. Menerbitkan Surat Keputusan tentang Penetapan KKM di SMA Negeri 1 Kec. Harau
  • Daftar KKM Semua Matapelajaran per Tingkat

Pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Kec.Harau KKM ditetapkan sebagai berikut:

Tabel 3.6

KKM Per Mata Pelajaran Per Tingkat  Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) .

No Mata Pelajaran Alokasi waktu belajar perminggu
    X XI XII
Kelompok A (Wajib)  
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 75 75 75
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 75 75 75
3 Bahasa Indonesia 75 75 75
4 Matematika 75 75 75
5 Sejarah Indonesia 75 75 75
6 Bahasa Inggris 75 75 75
7 Seni Budaya 75 75 75
8 Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan 75 75 75
9 Prakarya dan Kewirausahaan 75 75 75
         
Kelompok C (Peminatan)  
Mata Pelajaran Peminatan Akademik  
10 Matematika 75 75 75
11 Biologi 75 75 75
12 Fisika 75 75 75
13 Kimia 75 75 75
Mata Pelajaran Lintas Kelompok Peminatan
14 Bahasa dan Sastra Inggris 75 75 75
15 Ekonomi, Sosiologi, Geografi 75 75 75
16 Informatika 75

Tabel 3.6

KKM Per Mata Pelajaran Per Tingkat  Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) .

  No   Mata Pelajaran Alokasi waktu belajar perminggu
X XI XII
Kelompok A (Wajib)  
1 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 75 75 75
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 75 75 75
3 Bahasa Indonesia 75 75 75
4 Matematika 75 75 75
5 Sejarah Indonesia 75 75 75
6 Bahasa Inggris 75 75 75
7 Seni Budaya 75 75 75
8 Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan 75 75 75
9 Prakarya dan Kewirausahaan 75 75 75
10 Geografi 75 75 75
11 Sejarah 75 75
12 Sosiologi 75 75 75
13 Ekonomi 75 75 75
Mata Pelajaran Lintas Kelompok Peminatan
14 Bahasa dan Sastra Inggris 75 75 75 75 75
15 Fisika, Kimia, Biologi 75
16 Informatika 75
  • Upaya  yang Dilakukan Sekolah untuk Mencapai KKM Ideal

Untuk menetapkan  KKM, guru mata pelajaran melakukan analisis KD pada KI 3 dan KD pada KI 4, berdasarkan analisis tersebut akan diketahui; intake peserta didik, kompleksitas materi dan daya dukung/ sarana prasarana. KKM ditetapkan berdasarkan analisis tersebut. Agar tercapai KKM ideal maka sekolah dapat melakukan bebagai upaya antara lain

  1. Untuk menurunkan kompleksitas materi pelajaran guru harus memiliki cara-cara yang mudah untuk dipahami peserta didik, oleh sebab itu guru harus mampu membelajarkan siswa menggunakan metode yang bervariasi dan tentunya guru harus menguasai materi pelajaran. Untuk itu guru perlu mengaktifkan MGMP dan mengikuti pelatihan.
    1. Sekolah memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan pembelajaran serta melengkapi sarana dan prasarana untuk meningkatkan daya dukung.
    1. Melakukan seleksi yang adil terhadap calon peserta didik dalam rangka meningkatkan Intake siswa.
error: Ops...